cara memperbaiki mengatasi koneksi

Ini kisah tentang pelanggan telkom yang saking kecewanya terhadap pelayanan telkom. Gimana nih telkom ? masak sudah bayar mahal, koneksi 2 MB kalo buat Point Blank sering down. Ehm… kasihan benar si pemilik warnet ini. Hari pertama setelah komplain datang petugas I, “Ini modemnya pak, ini saya ada modem bagus” (udah umum petugas speedy jualan modem). Selang 2 hari speedy error lagi, sekarang petugas yang datang ganti lagi dengan jawaban yang beda pula. Petugas II bilang “ini proxy nya troubel pak, harus install ulang. Singkat cerita pemilik warnet ganti modem, ganti hub dan install semua client plus routernya sesuai anjuran petugas speedy. Setelah semua diganti apa yang terjadi ? Speedy tetap sering down dan pelanggan warnet banyak yang lari. Komplain lagi ke 147, kali ini yang datang petugas bagian jaringan, ukur sana, ukur sini dan akhirnya calling saya. Berikut ini tips penanganan gangguan speedy berdasarkan pengalaman di lapangan, terutama warnet yang koneksi speedy putus-putus.


1. Cek lampu indikator ADSL pada modem.
a. Jika lampu indikator ADSL mati berarti gangguan ada pada sisi jaringan kabel telpon
b. Jika lampu ADSL nyala tapi koneksi lambat gangguan ada pada sisi kualitas jaringan, (banyak sambungan kabel, kabel jelek/rusak, DSLAM jelek). Silahkan cek SNR dan Line Attenuation, Keterangan lengkap ada di Diagnosa gangguan Speedy-1 dan Diagnosa gangguan Speedy-2. Selain itu komputer bermasalah / kena virus bisa menjadi penyebabnya.
2. Pakai modem dan PC lain, disini modem langsung ke PC tanpa melewati hub ataupun proxy.
Pastikan pc anda bebas dari virus sebab malware / spyware mengakibatkan koneksi internet anda sangat lambat. Sedangkan modem yang error biasanya pada pemakaian lama koneksi putus, jika modem dimatikan dan jika dinyalakan lagi koneksi normal berarti modem harus ganti.
3. Masuk ke command prompt, dengan cara:
Dari Start pilih Run, ketik cmd enter.
a. ping gateway / ip modem
Ketik ” ping 192.168.1.1? seperti gambar dibawah ini.
undefinedb. Ping DNS Speedy, seperti dibawah ini
undefinedJika ping IP Modem normal, SNR dan Line attenuation bagus, tapi ping pada DNS Speedy “Request time out” seperti dibawah ini.
undefinedBesar kemungkinan gangguan ada pada IP Speedy anda. Hal ini biasa terjadi pada pelanggan speedy 1 MB keatas yang menggunakan IP Statis. Hal ini bisa terjadi karena IP address speedy anda di hack oleh orang lain atau bisa juga memang ganggaun dari server telkom. Satu-satunya cara untuk mengatasi hal ini yaitu dengan cara menggunakan nomor speedy tes / menggunakan nomor speedy lain pada jalur telpon anda. (Maap, khusus kasus ini hanya bisa dilakukan oleh petugas telkom sendiri).

Kesimpulan.
1. Speedy tidak konek tapi lampu ADSL nyala disebabkan LAN disable, TCP/IP salah, setingan modem salah, modem hang.
Solusi : Ping IP Modem dan Setting ulang modem
2. Speedy tidak konek dan lampu ADSL mati / ngeblink disebabkan redaman/ kualitas jaringan kabel telpon jelek.
Solusi : Sebisa mungkin tidak ada sambungan kabel yang mengarah ke modem, cek kualitas kabel, kotak telpon, Jack RJ-11. Jika ADSL masih mati, coba ganti modem atau hubungi petugas.
3. Adsl nyala, speedy konek beberapa saat, kemudian tidak konek. Jika pc di restart speedy konek lagi beberapa saat kemudian mati lagi. Atau jika modem nyala komputer hang. Hal ini disebabkan pc anda terkena virus.
Solusi: install ullang komputer
4. Adsl nyala, speedy konek tapi sering diskonek. Silahkan ping dns speedy seperti diatas.
Solusi : lapor ke 147 atau telkom terdekat.

0 comments:

 
Copyright © PilihanTerbaik Anda
Blogger Theme by PTA
Design by PTA